Halaman

Selasa, 12 Agustus 2008

Manajemen Konflik

MANAJEMEN KONFLIK
Oleh: Hariadi,S.Ag.M.Pd*)

I. Apa Menajemen ?
-Kemampuan atau ketrampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain (S.P. Siagian).

II. Apa Konflik ?
-Pertentangan, Percekcokan (Purwodarminto).
-Perbedaan atau permasalahan yang timbul, akibat dari interaksi personal pada suatu organisasi.
-Merupakan bagian yang esensial dari perubahan dan kreatifitas (Jane Allan).

III. Sebab-sebab munculnya konflik:
1. Adanya diantara kelompok/personal dalam organisasi menginginkan hasil yang berbeda (Konflik sasaran).
2. Jika muncul pertentangan antar ide kelompok dengan kelompok lain (Konflik kognitif).
3. Jika emosi, perasaan, atau sikap seseorang kelompok bertentangan dengan emosi kelompok lain dan bersifat emosional (konflik Afektif).
4. Jika perilaku seseorang/kelompok tidak dapat diterima oleh orang lain (Konflik prilaku).

IV. Macam-macam bentuk konflik:
1. Intra-personal (konflik di dalam satu orang).
2. Inter-personal (konflik di antara dua individu).
3. Intra-kelompok (konflik di dalam satu kelompok).
4. Inter-kelompok (konflik di antara kelompok satu dengan kelompok lainnya).


V.PERKEMBANGAN KONFLIK:


1.F R U S T A S I
-Sasaran prestasi
-Promosi
-Peningkatan pendapatan
-Kekuasaan
-Kekuasaan
-Sumber ekonomi
-Peraturan
-Nilai-nilai


2.KONSEPTUALISASI

-Mengerti iklim persoalan
-Menginginkan resolosi
-Menyadari kepentingan bersama

3.PERILAKU

-Akibat dari frustasi
-Perilaku menyimpang
-Muncul konflik kecil


4. A K I B A T

-Rasa tidak puas
-Penyelesaian kuran tepat
-Membuat kelompok/ kekuatan tandingan






*) Penulis adalah Ketua LTN-NU Cab. Ngawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar